THE TUKELATION

situs ini hanya sekedar untuk menulis pendapat dan buah pikiran yang acak... dan hanya merupakan sebuah Pembanding tentang hal-hal yang terjadi di maluku pada khususnya dan indonesia ada umumnya. REY DE LYPHOSSE....... MR.TUKELATION.... MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG......!!

Minggu, 03 April 2011

ANAK ADAT VS NON ADAT DI SERAM BAGIAN BARAT

kabupaten Seram bagian barat merupakan satu dari sekian banyak kabupaten pemekaran baru di maluku. penduduk kabupaten seram bagian barat terdiri dari multi suku, adapun suku yg paling dominan adalah suku buton sulawessi tenggara dan penduduk lokal SBB.
keberagaman suku di kabupaten yg berjuluk "Saka Mese Nusa ini menciptakan berbagai persoalan.
suku pendatang asal sulawessi tenggara ini sementara mencari jati dirinya  untuk mendapat pengakuan publik tentang keberadaan mereka di tanah maluku, sehingga kedudukan mereka dapat di sejajarkan atau malah lebih dari putra daerah (anak Adat). seperti yg terjadi SBB merupakan indikator kalau keberadaan suku pendatang sulawessi tenggara memiliki peran yg sangat penting, karna hampir seluruh dusun di seram barat mendapat legalitas dari pemerintah untuk meningkatkan status dusun-dusun menjadi desa.. yg mana secara adatis itu sangat bertentangan dengan tradisi dan  sistem pemerintahan negeri.
pemekaran dusun-dusun menjadi desa pada komunitas suku buton merupakan pelecehan terhadap sistem pemerintahan negeri adat, dan hal ini semakin menciptakan pergeseran dan pergesekan antara anak adat dan non adat di kabupaten seram bagian barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar